Friday 21 February 2014

Perkembangan Teknologi di Tahun 2014

Perkembangan teknologi komunikasi di dunia bisa dibilang sangatlah pesat, tidak terkecuali Negara Indonesia. Walaupun dikatakan Negara Indonesia tidak seperti Negara-negara luar seperti Amerika dan Jepang yang bisa menciptakan teknologi-teknologi canggih yang dibuat untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi, sayangnya Indonesia mampu mengikuti meskipun hasil teknologi yang diciptakan tidak secanggih negara-negara luar.

Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai perkembangan teknologi di Indonesia,ada baiknya mengartikan terlebih dahulu apa arti dari perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri, yang dimaksud dari teknologi adalah hasil dari cara berpikir manusia untuk mengembangkan cara atau sistem yang bertujuan untuk menghilangkan masalah yang timbul dalam hidupnya, sedangkan komunikasi secara terminologis merupakan proses penyampaian pesan dari sesemanusia ke orang lain. Faktor dari komunikasi itu sendiri seperti yang dikatakan oleh Lasswell adalah meliputi komunikator yaitu manusia yang menyampaikan pesan, yang kedua adalah pesan, yaitu apa yang disampaikan,yang ketiga adalah media, yaitu melalui saluran atau media mana pesan tersebut disampaikan, keempat ialah komunikan yang merupakan penerima pesan yang disampaikan, yang terakhir adalah efek.

Penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan, bahwa teknologi komunikasi adalah teknologi yang dipergunakan guna menyampaikan atau kirim pesan dari satu orang ke orang lain. Oleh karena teknologi merupakan hasil dari perbuatan atau cara berpikir manusia, maka teknologi tersebut berbentuk alat, atau dalam dunia komputer disebut peralatan perangkat keras (hardware), atau sesuatu yang bisa dilihat dan digunakan dalam rangka untuk membantu mengurangi masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan.

Semakin berkembangnya ilmu teknologi, teknologi komunikasi berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin saat semakin kompleks dan menimbulkan banyak masalah. Oleh karena itu, banyak manusia yang mengembangkan atau bahkan menciptakan teknologi-teknologi baru untuk memudahkan orang dalam berkomunikasi. Contohnya seperti yang terjadi di Indonesia, perkembangan tata cara orang dalam kirim surat mengalami perubahan, dahulu manusia-manusia kirim ucapan lebaran untuk keluarganya di kota lain dengan memakai pos, pesan yang dikirimkan akan sampai ke tempat tujuan beberapa saat sesudah pengiriman, seiring berjalannya waktu, kebiasaan tersebut memudar seiring munculnya fasilitas baru yang lebih memudahkan manusia dalam berkomunikasi melalui pesan, yaitu sms ( short message service ) yang merupakan fasilitas yang bisa dibisakan di telepon genggam atau handphone yang mulai terkenal pada tahun 90an di Indonesia. orang-orang beralih memakai sms sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang-manusia yang berada di luar kota atau bahkan di luar negeri sekalipun karena dinilai praktis, tidak perlu datang ke kantor pos untuk mengirimkan surat, pesan yang dikirimkan pun dalam hitungan detik akan terkirim ke penerima. Fasilitas Short Message Service ( sms ) pun kini terus berkembang, ditandai dengan kemunculan banyaknya aplikasi-aplikasi chatting dimana kita bisa berkomunikasi satu sama lain, respon yang didapatpun cepat, seperti halnya kita berbicara beserta manusia lain tetapi melalui tulisan. Aplikasi chatting tersebut juga tidak hanya bisa kirim pesan seperti halnya SMS, namun kita juga bisa kirim video, rekaman suara , bahkan foto sekalipun
Hal yang dapat disimpulkan dari tulisan ini adalah bahwa perkembangan teknologi komunikasi berperan penting dalam kehidupan, baik itu dalam proses komunikasi itu sendiri dan juga proses pengumpulan informasi.

No comments:

Post a Comment